Program Kerja

Program Kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA Tahun 2021

  1. Badan Pengurus Harian
  • Banner Program Kerja

Merupakan sarana publikasi ke khalayak umum khususnya civitas akademika jurusan IPA mengenai program kerja selama satu periode ke depan.

  • Green Of Science

Green Of Science adalah program kerja yang bertujuan untuk membersihkan dan merawat lingkungan disekitar Jurusan IPA. Kegiatan ini dilakukan di Sekretariat Ormawa (SO) Jurusan IPA FMIPA Unesa pada minggu-minggu dibawah ini, dan dilaksanakan sesuai pembagian kelompok GOS 2021, yang mana sudah terlampir dalam data sekretaris HMJ IPA 2021 

Minggu I : April, Juli, November
Minggu II : September, Oktober
Minggu III : Juni, Agustus, Desember, Januari, Februari
Minggu IV : Mei

  • Pendelegasian FORMIPA

Merupakan kegiatan yang ditujukan untuk menjaga  tali silaturrahim antara Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA FMIPA Unesa dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (Prodi Pendidikan) IPA dari universitas lain di Indonesia

  • Rapat Koordinasi

Mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan, mengevaluasi kinerja anggota HMJ IPA 2021 dan membahas rencana program kerja yang akan dilaksanakan.

  • Rapat Kerja

Program kerja yang bertujuan untuk membahas rancangan dan menetapkan program kerja yang akan dilakukan oleh HMJ IPA periode 2021-2022 selama 1 periode. Dimana sasarannya yaitu pengurus HMJ IPA periode 2021-2022.

  • Pajak Pencairan Dana

Pajak pencairan dana adalah program kerja yang bertujuan untuk pencairan dana di fakultas dimana sasarannya yaitu pengurus HMJ IPA periode 2021-2022

2. Departemen Kerohanian

  • Bagi Takjil

Bagi takjil ini dilaksanakan guna untuk membagi makanan/takjil di bulan puasa Ramadhan kepada orang-orang musafir dijalan.

  • Kajian Akbar

Kajian akbar yang akan dilaksanakan oleh HMJ IPA untuk masyarakat umum guna  belajar bersama dengan mendengar tausiah atau ceramah dari ustadz maupun uztadzah.

  • Cinta Yatim

Cinta yatim ini dilakukan untuk saling berbagi bersama kepada anak-anak yatim di panti asuhan dengan memberikan berupa santunan kepada anak yatim tersebut.

  • Mentoring Keagamaan

Mentoring keagamaan dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa. Mentoring ini di akan diadakan untuk mahasiswa baru Jurusan IPA angkatan 2021. Untuk yang beragama Islam maupun non Islam.

  • Khotmil Qur’an

Khotmil Qur’an diadakan dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Khotmil  ini di diadakan untuk mahasiswa aktif Jurusan IPA angkatan 2018-2020.

  • Muslim Art Competition

Muslim Art Competition diadakan khusus untuk mahasiswa aktif IPA angkatan 2019-2021, dimana ada 3 cabang lomba yang menunjang kreativitas dan potensi diri khususnya dalam bidang keagamaan yakni Da’i, Tartil, dan Khatil Qur’an (Kaligrafi).

  • Istighosah dan Do’a Bersama Menjelang UAS

Istighosah dan Do’a ini dilaksanakan sebelum UAS semester ganjil dan juga genap. Dengan harapan mahasiswa IPA dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan diberikan hasil yang terbaik pada pelaksanaan UAS.

3. Departemen Penalaran dan Keilmuan

  • Gebyar Ilmiah Sains

Gebyar Ilmiah Sains atau disingkat GIS adalah Olimpiade Sains tingkat Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA UNESA. Terdapat 2 jenis olimpiade, yaitu Sains Competition dan Science Writing Competition. Untuk Sains Competition adalah olimpiade Tingkat SD hingga SMP sedangkan Science Writing Competition adalah olimpiade karya tulis ilmiah tingkat smp dan sma tingkat Nasional.

  • Pembahasan Soal

Pembahasan soal (PEMSO) merupakan agenda yang membahas soal-soal tahun sebelumnya dan mereview materi dengan tentor guna mempersiapkan UAS. dilaksanakan seminggu sebelum minggu tenang yang disesuaikan dengan kalender akademik UNESA

  • Science Club

Kelompok belajar bahasa inggris maupun penyuluhan PKM yang dibentuk untuk meningkatkan intelektual mahasiswa jurusan IPA 

4. Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa

  • Upgrading

Upgrading merupakan kegiatan paling awal dari HMJ yang bertujuan untuk merekatkan hubungan antar sesama anggota HMJ setelah adanya Open Recruitmen anggota baru HMJ. Acara ini diisi dengan beberapa game dan sharing-sharing antar anggota HMJ.

  • Deepened into Science

Deepened into Science (DOS) 1 merupakan program kerja mengenalkan dan melatih mahasiswa menjadi generasi unggul, sikap kreatif, inovatif melalui Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) serta membentuk watak sadar IPTEK dan mandiri melalui kegiatan membuat media pembelajaran IPA sederhana.

Deepened into Science (DOS) 2 merupakan program kerja melatih mahasiswa untuk membuat kreasi dan mengembangkan kewirausahaan dengan dasar edupreneurship serta mengenalkan mahasiswa baru tentang program mahasiswa wirausaha.

  • Regos

PPA dan Pra-LKMMTD/REGOS (Regeneration Of Science) merupakan salah satu kegiatan inti dalam HMJ, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Orientasi Mahasiswa Baru yang masuk jurusan IPA, Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam  tentang jurusan IPA, Acara ini dilaksanakan selama 10 Minggu dan diakhiri dengan Acara Malam puncak.

  • LKMM-TD

LKMM-TD (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar) merupakan sebuah kegiatan kegiatan yang sasarannya mahasiswa dengan tujuan mahasiswa diharapkan tidak hanya memiliki pengetahuan dibidang akademik, serta memiliki kemampuan dalam manajemen, berorganisasi serta menjadi pemimpin yang baik, tetapi juga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Fosfor

FOSFOR (Familiarity and synchronization of Science) merupakan acara malam keakraban Jurusan IPA yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa IPA dalam menumbuhkan rasa kekeluargaan kepada seluruh civitas akademika jurusan IPA.

5. Departemen Sosial dan Komunikasi

  • Sosial Media

Salah satu program kerja dari Departemen sosial dan komunikasi adalah sosial media Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA. Tujuan dari program kerja sosial media ini adalah sebagai wadah informasi dan komunikasi Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA baik internal maupun dengan pihak eksternal. Sosial media yang diolah ada Website, Youtube, Facebook, Instagram, dan LINE@ Official Account.

  • Majalah

Salah satu program kerja dari departemen sosial dan komunikasi adalah Majalah. Majalah sendiri terbit 1 kali dalam satu periode. Majalah ini nantinya berisi tentang apa saja mengenai jurusan IPA.

  • Warung Informasi

Program kerja warung informasi atau biasa disingkat WAFO merupakan kegiatan pemberian informasi kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini bertujuan agar nantinya mahasiswa baru tidak ketinggalan informasi penting seputar perkuliahan.

  • Pengabdian Masyarakat

Pengabdian Masyarakat adalah suatu kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA dengan tujuan membantu dan mengabdi kepada masyarakat desa dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun.

  • Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan jurnalistik adalah program kerja dari departemen sosial dan komunikasi yang bertujuan sebagai wadah informasi untuk meningkatkan kemampuan bidang menulis atau memproduksi karya jurnalistik baik dalam media cetak atau media online.

  • Kunjungan Ormawa

Kunjungan ormawa adalah program kerja departemen sosial dan komunikasi yang bertujuan sebagai sarana untuk saling berbagi informasi, ilmu, dan pengalaman serta mempererat hubungan kerjasama antara HMJ IPA Unesa dengan ormawa di lingkup Unesa atau Universitas lain.

6. Departemen Bakat dan Minat

  • Ekspresso

Ekspresso merupakan salah satu program kerja yang berupaya untuk melakukan suatu perubahan positif dimana kegiatan ini dapat mempererat keakraban dan kekeluargaan , menumbuhkan dan mengembangkan semangat dibidang kreativitas, bakat, dan minat mahasiswa, serta membangun sportivitas mahasiswa Jurusan IPA.

  • Papan Kerja

Papan untuk menginformasikan jadwal kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA. 

  • Mading

Program kerja mading yang dilaksanakan berfungsi untuk memberikan informasi mengenai program kerja dari HMJ IPA yang sudah terlaksana, berita terbaru dan aktual serta sebagai penyalur aspirasi mahasiswa khususnya mahasiswa Jurusan IPA.

  • Organigram Himpunan Mahasiswa Jurusan

Menggambarkan struktur organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA tiap periode

  • Komunitas Bakat dan Minat

Sebagai wadah untuk mengembangkan potensi dan menyalurkan minat dan bakat mahasiswa Jurusan IPA di bidang seni dan olahraga.

  • Pelatihan Desain Grafis

Merupakan program kerja berupa pelatihan yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa jurusan IPA agar dapat memanfaatkan teknologi digital menjadi sebuah media informasi melalui desain grafis

7. Departemen Kewirausahaan

  • Kaos Merchendise

Adalah program yang menyajikan merchandise bagi Jurusan IPA dan sebagai program realisasi dari kekreatifan mahasiswa yang mendapat juara utama dalam lomba desain logo IPA pada program kerja Ekspresso.

  • Kalender 2022

Adalah program kerja yang bertujuan memberikan informasi terkait hari dan berisikan konten seputar Jurusan IPA seperti visi, misi, pengenalan dosen, pengenalan mahasiswa aktif tiap kelas di Jurusan IPA, dan pengenalan progja HMJ IPA 2021 yang telah terlaksana  melalui dokumentasi foto, serta mempromosikan Jurusan IPA sebagai rasa bangga.

  • Online Shop

Adalah wadah bagi usaha mahasiswa Jurusan IPA dalam mempromosikan usahanya melalui penggunaan laman marketing sehingga dapat memperkenalkan jurusan, serta sebagai peluang dalam menghasilkan laba dari penjualan berbagai macam barang.

  • Seminar Nasional Kewirausahaans

Seminar Nasional adalah program kerja dari departemen kewirausahaan yang berfokus pada meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mendalami ilmu kewirausahaan, mempersiapkan mahasiswa menjadi wirausaha, dan meningkatkan jiwa eksploratif kompetitif di dunia kewirausahaan.

8. Departemen Advokasi

  • Rapat evaluasi

Merupakan rapat yang diadakan sebagai bentuk evaluasi terhadap program kerja yang telah dilaksanakan oleh HMJ IPA

  • Talkshow Beasiswa

Merupakan diskusi atau tanya jawab mengenai beasiswa yang dilakukan antara narasumber  dengan mahasiswa Jurusan IPA

  • Pelatihan Sidang HMJ IPA

Merupakan pelatihan yang bertujuan untuk mengenalkan pada mahasiswa khususnya mahasiswa baru tentang tata cara sidang di Jurusan IPA yang baik 

  • Sarasehan

Merupakan dialog terbuka bagi civitas akademika Jurusan IPA sebagai wadah penyalur aspirasi dan tukar pendapat antar civitas akademika Jurusan IPA.

  • Musyawarah Mahasiswa Jurusan

Merupakan sebuah rapat yang diadakan sebagai upaya untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA selama 1 periode, serta sebagai menetapkan ketua dan wakil ketua yang telah terpilih pada pemira

  • Angket Program Kerja

Merupakan sebuah rapat yang diadakan sebagai upaya untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA selama 1 periode, serta sebagai menetapkan ketua dan wakil ketua yang telah terpilih pada pemira.