SEMINAR NASIONAL KEWIRAUSAHAAN 2021

Seminar Nasional merupakan kegiatan yang diadakan oleh HMJ IPA FMIPA Unesa 2021. Seminar Nasional Kewirausahaan ini merupakan program kerja dari departemen kewirausahaan. Seminar Nasional Kewirausahaan 2021 dilakukan pada tanggal 11 Desember 2021 yang dilakukan secara online melalui Zoom Meeting.

Sejak masa pandemi banyak sekali pekerjaan atau bisnis yang mengalami gulung tikar dan karyawan yang terkena PHK. Pada kondisi yang seperti ini membuat kita harus memutar otak agar tetap dapat bertahan hidup, karena banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, HMJ IPA FMIPA Unesa mengadakan acara Seminar Nasional Kewirausahaan untuk para mahasiswa dan masyarakat umum agar dapat terus berkembang dalam kondisi yang seperti ini. Pada Seminar Nasional Kewirausahaan 2021 ini mengusung tema “Creative Idea Business On Pandemic”. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peserta menentukan ide bisnis yang cocok pada masa pandemi seperti sekarang ini, dan memberi bekal materi para peserta saat ingin berwirausaha. 

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Ada yang dari Medan, Jakarta, Surabaya, dll. Dalam pelaksanaan kegiatan ini jumlah peserta yang bergabung di zoom sebanyak 396 peserta. Kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan 2021 ini dibuka langsung oleh ketua jurusan pendidikan sains yaitu Prof. Dr. Erman M.Pd. Dengan dipandu oleh MC dan moderator.  MC pada kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan 2021 ini adalah saudara Anik Fitriani selaku anggota HMJ IPA FMIPA Unesa 2021 dan moderatornya adalah saudara Moh. Rizqi Hidayat, S.Pd selaku Co-Founder Public Speaking Unesa. Seminar Nasional Kewirausahaan 2021 mengundang dua narasumber yang luar biasa hebat, sangat inspiratif, memiliki semangat yang luar biasa, dan seseorang yang ahli pada bidang wirausaha. Narasumber pertama yaitu Bapak Nanang Suherman, selaku founder dari Anak Baik Corporation yang menaungi bisnis ayam goreng nelongso dan beberapa bisnis dibidang kuliner lainnya. Narasumber yang kedua yaitu Bapak Hujjattullah Fazlurrahman, SE., MBA. Beliau merupakan ketua prodi bisnis digital Unesa, ketua divisi usaha pusat bahasa Unesa, dan memiliki banyak usaha di bidang kuliner maupun yang lainnya. 

Narasumber pertama, Bapak Nanang Suherman memberikan informasi mengenai awal beliau membuka bisnis ayam goreng nelongso. Informasi yang dibawakan dikemas secara menarik. Mulai dari susahnya beliau mendapatkan modal hingga modal nekat dan ketidaksengajaan yang justru membawa kesuksesan beliau. Pak Nanang juga memberikan beberapa tips agar tidak takut dalam mengawali suatu bisnis karena semakin kita takut maka bisnis yang sudah terencanakan tidak akan berjalan dengan baik. Pak Nanang Suherman juga tidak berasal dari keluarga yang berkecukupan, beliau juga pernah berjualan koran. Namun berkat kegigihan dan keberanian, beliau dapat menjalankan banyak bisnis hingga sekarang.

Selanjutnya, narasumber kedua yaitu Bapak Hujjattullah Fazlurrahman, SE., MBA. memberikan banyak materi tentang kewirausahaan sehingga bagi orang awam dengan berwirausaha tidak merasa bingung terkait materi yang beliau sampaikan. Beliau memberikan banyak bekal materi serta informasi yang dibutuhkan peserta untuk merintis usahanya. Pada paparan materi beliau disajikan berita beserta data mengenai pandemi yang dihubungkan dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan disajikannya data tersebut para peserta juga semakin percaya karena materi yang disampaikan tidak berupa omongan saja, namun sudah terbukti dengan data. Pak Hujjattullah juga memberikan tips untuk memulai bisnis di masa pandemi. Tipsnya, yaitu fokus pada apa yang dibutuhkan konsumen saat ini, mengembangkan strategi pemasaran digitalnya, berhubungan dengan konsumen melalui sosial media, dll. Beliau tidak berwirausaha sendiri, beliau bersama istrinya memiliki banyak usaha di bidang kuliner dan di bidang lainnya. 

Dari kedua narasumber yang luar biasa ini, diharapkan para peserta Seminar Nasional Kewirausahaan 2021 memiliki banyak sekali bekal yang akan digunakan jika ingin membuka bisnis. Para peserta juga diberikan tips-tips agar tidak takut untuk memulai bisnis. Melalui Seminar Nasional Kewirausahaan 2021 ini diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang diberikan dikehidupan nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *