GIS (Gebyar Ilmiah Sains) 2021

GIS (Gebyar Ilmiah Sains) 2021 merupakan kompetisi tingkat nasional yang diadakan oleh HMJ IPA FMIPA Unesa. Kompetisi yang diselenggarakan setiap tahunnya memikat banyak peserta dari berbagai daerah. Peserta dari berbagai daerah yaitu DIY Yogyakarta, Semarang, Madura, dan kota-kota besar lainnya. Meskipun kompetisi dilaksanakan secara online namun semangat dari para peserta sangat luar biasa.

Pada kegiatan GIS 2021 ini memiliki dua cabang kompetisi. Kompetisi yang pertama yaitu Science Competition atau SC dan kompetisi yang kedua yaitu Science Writing Competition atau SWC. SC merupakan kompetisi yang dimana peserta akan mengerjakan soal yang telah disediakan oleh panitia. SC diikuti oleh  jenjang SD dan SMP. Pada kompetisi ini memiliki babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Untuk babak penyisihan dilakukan melalui website GIS dan para peserta langsung mengerjakan soal yang telah disediakan. Babak semifinal juga menggunakan website GIS untuk melakukan pengerjaan namun yang membedakan adalah pengawasan melalui google meet. Babak final dilakukan menggunakan platform zoom guna menjawab semua pertanyaan dari para juri. Sedangkan SWC merupakan kompetisi yang dimana peserta membuat poster ilmiah sesuai dengan tema yang telah ditentukan. SWC diikuti oleh siswa jenjang SMP dan SMA. Kompetisi ini dilakukan dengan cara mengumpulkan karya poster ilmiah dan setelah itu akan dilakukan penilaian oleh juri.

Meskipun kompetisi yang diselenggarakan secara online, semua proses penilaian dan penjurian dilakukan dengan sangat sportif. Antusias dari para peserta juga sangat baik sehingga acara GIS 2021 berjalan dengan kondusif, lancar, dan sukses. Selamat untuk para pemenang SC maupun SWC. Sampai jumpa di GIS 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *