PELATIHAN JURNALISTIK 2021

Pada Era Globalisasi ini, teknologi digital dan informasi berkembang dengan sangat pesat. Semua kalangan masyarakat semakin mudah untuk memperoleh informasi yang bersumber dari mana saja. Tidak hanya itu, perkembangan teknologi dan informasi ini ternyata mampu mendorong Dunia Jurnalistik untuk berkembang. Dengan perkembangan dunia jurnalistik yang semakin pesat ini, tak heran banyak masyarakat dapat menciptakan dan membuat informasi serta membagikannya dimana saja. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan tersedianya banyak informasi dan berita di Era Globalisasi ini. Akan tetapi, perkembangan informasi yang sangat pesat tersebut ternyata tidak dibarengi dengan kemampuan masyarakat sekitar dalam berliterasi. Sebagian besar masyarakat ternyata langsung mempercayai apa yang mereka baca dan mereka lihat. Hal inilah yang menyebabkan berbagai pandangan dan pengetahuan masyarakat mulai berkembang dan tidak terkontrol. Semua hal dari media informasi di konsumsi oleh masyarakat umum serta menjadi bahan informasi dan referensi pengetahuan mereka. Oleh karena itu, diperlukan sebuah wawasan dan pengetahuan masyarakat sekitar dalam dunia jurnalistik agar informasi yang mereka buat dan mereka bagikan tersebut dapat memiliki bobot dan kualitas.

Nah untuk mengatasi permasalahan ini, kali ini HMJ IPA FMIPA hadir dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik 2021, yang merupakan wadah untuk semua masyarakat umum dalam berlatih dan mengasah kemampuan serta pengetahuan mereka mengenai dunia jurnalistik. Kegiatan ini merupakan Program Kerja Departemen Sosial dan Komunikasi yang diadakan selama 2 hari, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu 11-12 September 2021. Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “Bersinergi Menumbuhkan Semangat Jurnalis Muda Kreatif, Kritis dan Terampil dalam Mengolah Berita”. Tenang saja teman-teman, untuk kalian yang ingin mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini, tidak usah khawatir karena kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeser pun dan tentunya kegiatan ini diadakan untuk masyarakat umum tidak terkecuali seorang pelajar, mahasiswa bahkan masyarakat di berbagai daerah.

Dalam pelaksanaannya, Kegiatan Pelatihan Jurnalistik 2021 ini diikuti oleh 181 peserta, yaitu 100 peserta dari mahasiswa Unesa dan sisanya ada 81 peserta dari masyarakat umum. Di mana Kegiatan Pelatihan Jurnalistik 2021 ini, dibuka oleh Prof. Dr. Erman M.Pd selaku Ketua Jurusan IPA FMIPA. Kegiatan ini juga dipandu secara langsung oleh Kak Miftakhul Jannah selaku Master of Ceremony dan Kak Kenia Ariwindyasari, selaku Moderator acara yang merupakan Duta Inspiratif Public Speaking Unesa 2019. Selain itu, Pada kegiatan pelatihan ini teman-teman dapat menerima banyak informasi baru yang disampaikan oleh pemateri-pemateri kita yang luar biasa, yaitu Bapak Gilang Gusti Aji S.I.P., M.Si. selaku Dosen Ilmu Komunikasi Unesa dan Kak Fitria Madia selaku Reporter IDN Times.

Bapak Gilang Gusti Aji S.I.P., M.Si. selaku pemateri pertama ini, memberikan informasi mengenai pengetahuan jurnalistik dan teknik penulisan. Beliau menjelaskan mengenai apa makna sebenarnya dari Dunia Jurnalistik serta bagaimana Trik dan Tips agar karya penulisan kita dapat berkualitas dan tentunya bermanfaat untuk banyak orang. Disisi lain, Kak Fitria Madia selaku pemateri kedua, juga memberikan informasi yang tidak kalah menariknya yaitu tentang Teknik Reportase dan wawancara serta teknik fotografi jurnalistik. Beliau juga menceritakan bagaimana pengalamannya dalam membuat sebuah karya dan berita yang menarik.

Untuk kalian yang belum mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik 2021, Pastikan dilain kesempatan kalian tidak ketinggalan informasi lagi yah. Karena Pelatihan Jurnalistik ini merupakan salah satu jalan untuk teman-teman agar kalian dapat berlatih dan mengasah kemampuan kalian untuk mengenal dunia jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *