PEMSO (Pembahasan Soal)

Pemso (Pembahasan Soal) dilaksanakan di masa minggu tenang menghadapi ujian tengah semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) atau seminggu sebelum ujian berlangsung. Pemso merupakan salah satu program kerja departemen penalaran dan keilmuan. Mahasiswa tidak diwajibkan untuk mengikuti, namun dari tahun sebelumnya sebagian besar mahasiswa setiap angkatannya ikut dalam kegiatan ini.   

Sebelum kegiatan Pemso dilaksanakan anggota HMJ IPA akan menyebar angket mengenai mata kuliah dan soal yang akan dibahas saat Pemso. Anggota HMJ IPA khususnya departemen penalaran dan keilmuan akan menentukan pemateri dan soal-soal yang akan dibahas dengan pertimbangan hasil angket. Pemateri berasal dari kakak tingkat di atas mereka yang memiliki kecakapan dalam mengajar dan memiliki banyak referensi dari mata kuliah yang diajarkan.

Pada masa pandemi Pemso dilakukan secara virtual melalui google meet dengan durasi 60 menit. Terdapat 2 mata kuliah yang akan dibahas berdasarkan hasil angket. Mayoritas mata kuliah yang dipilih adalah mata kuliah yang memiliki bobot kesulitan yang tinggi, seperti matematika, fisika dasar, biokimia dan sejenisnya yang banyak membutuhkan latihan soal. Soal-soal yang dibahas di kegiatan Pemso, memiliki banyak kemiripan dengan tahun sebelumnya. Dari kepuasan mahasiswa, mereka sangat terbantu dengan diadakannya Pemso dan lebih mudah untuk mengulang pembelajaran, yang tentunya mereka menjadi lebih siap menghadapi UTS maupun UAS .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *