Ramadan 2021

Hasil keputusan sidang isbat yang dilaksanakan pada hari Senin (12/4/2021) petang, telah menetapkan 1 Ramadhan 1442 H akan jatuh pada hari Selasa (13/4/2021). Menteri agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan hal tersebut berdasarkan pengamatan hilal yang dilakukan di tiga belas tempat. Beliau juga menambahkan bahwa mulai hari Senin malam, umat muslim di Indonesia dapat melaksanakan terawih serta sahur pada pagi hari.

Sementara untuk PP (pimpinan pusat) Muhammadiyah juga telah mengeluarkan maklumat terkait hasil hisab atau perhitungan awal Ramadan. Maklumat tersebut bernomor 01/MLM/I.)/E/2021 yang ditandatangani Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto. Adapun dalam maklumat tersebut disampaikan awal Ramadan jatuh pada 13 April 2021.

Namun, menjalani ibadah puasa pada Ramadan 2021 di tengah pandemi Covid-19 ini, merupakan tantangan bagi setiap umat muslim. Tidak hanya menahan lapar dan dahaga selama 12 jam, kita juga dituntut untuk tetap bugar dan senantiasa menjaga kesehatan agar tidak tertular virus Corona. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga tubuh agar tetap bugar meskipun sedang berpuasa:

1. Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan

Mengonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka, hindari berbuka dengan gorengan dan makanan yang pedas, lengkapilah menu sahur dan berbuka dengan protein, serat, vitamin, lemak, dan karbohidrat yang seimbang. Selain itu tetap minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari, hindari minuman berkafein, dan minuman berkarbonasi.Selain itu tetap minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari, hindari minuman berkafein dan minuman berkarbonasi.

2. Tetap aktif dan rutin berolahraga

Kita harus tetap aktif bergerak dan berolahraga secara rutin untuk menjaga imun. Lakukanlah olahraga 3–5 kali seminggu dengan durasi 15–30 menit. Pilih olahraga yang ringan dan tidak mengeluarkan terlalu banyak keringat, misalnya sit-up, yoga, dan mengangkat beban ringan di rumah. Bisa juga dilakukan dengan berjalan santai di sekitar lingkungan rumah anda. Namun, tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga jarak (social distancing).

3. Istirahat yang cukup

Tidak sedikit orang yang bangun dini hari untuk melakukan salat atau bangun awal untuk menyiapkan sahur, karena itu waktu tidur harus dijaga dan diperhatikan. Cukup atau tidaknya waktu tidur dan istirahat sangat berpengaruh pada imunitas tubuh, dan kurang tidur bisa mengakibatkan lebih mudah terinfeksi kuman penyakit, termasuk virus Corona. Ganti waktu tidur malam yang kurang dengan tidur siang atau tidur lebih awal di malam hari. Sebisa mungkin hindarilah begadang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *