EKSPRESSO

Ekspresso (Ekspressi, Kreasi, Seni, Olahraga) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Bakat dan Minat (DBM) di mana kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat keakraban dan kekeluarga antar mahasiswa Jurusan IPA, menumbuhkan dan mengembangkan semangat dibidang kreativitas, bakat, dan minat mahasiswa Jurusan IPA, membangun sportivitas mahasiswa Jurusan IPA. Kegiatan ini mencakup beberapa perlombaan, seperti desain maskot porjur, tiktok, SSC, mobile legend, dan fotografi. Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa aktif jurusan IPA FMIPA Unesa dari angkatan 2018, 2019, dan 2020.

Meskipun pada tahun ini kegiatan Ekspresso terselenggara secara online tetapi kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan sangat menarik. Hal ini dapat diketahui karena saat acara pembukaan Ekspresso yang dilaksanakan via zoom pada tanggal 16 April 2021 telah dihadiri oleh para peserta lomba dan perwakilan setiap kelas pada tiga angkatan (2018, 2019, 2020). Acara pembukaan Ekspresso ini  dimulai dari registrasi kemudian sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) IPA FMIPA Unesa, serta Pak Aris selaku pembina kemahasiswaan sekaligus membuka acara ekspresso kemudian dilanjutkan dengan penampilan cuplikan video Ekspresso kemudian pemaparan lomba Ekspresso 2021 kemudian dokumentasi dan yang terakhir,  yaitu do’a dan penutup. 

Selain itu, yang berbeda pada kegiatan Ekspresso tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yaitu adanya lomba fotografi, di mana lomba ini mewadahi bakat mahasiswa jurusan IPA FMIPA Unesa dalam bidang fotografi. Pentupan kegiatan Ekspresso berupa pengumuman pemenang lomba pada tanggal 25 April 2021 lewat instagram. Dan diadakannya pembagian hadiah untuk lomba tiktok, ssc, dan desain maskot porjur via zoom pada tanggal 27 April 2021 yang dihadiri oleh para pemenang lomba. 

Adapun nama-nama pemenang lomba dalam kegiatan Ekspresso tahun ini, yaitu sebagai berikut. 

  1. Lomba desain maskot porjur dimenangkan oleh Najjah Wardiyatul Jannah (2019) dengan perolehan total skor sebesar 15
  2. Lomba ssc dimenangkan oleh Khilyah Khasanah (2020) dengan perolehan total skor sebesar 81,25
  3. Lomba tiktok dimenangkan oleh Amelia Tsabita Hidayat, Hira Maulidah, Astri Nur Hardianti, Kirani Nur Cahyani, Firda Amelia Ramadhani, Lucy Virarasari (2019) dengan perolehan total skor sebesar 565 
  4. Lomba mobile legend dimenangkan oleh  Arie Nugroho Ramadhan, Dimas Galih Kirana, Mohammad Tegar Rizky Riezandi, Abdul Farih Nadhif, Hafiz Fadhal Muhammad (2018) dengan perolehan total skor sebesar 4
  5. Lomba fotografi dimenangkan oleh Oksi Anggaraeni Ifanka Putri (2019) dengan perolehan total skor sebesar 23.

Dampak positif yang dapat dirasakan dengan terlaksananya kegiatan ekspresso ini, yaitu sebagai wadah untuk saling mengakrabkan antar mahasiswa jurusan IPA, sebagai wadah untuk melatih bersikap sprotif dalam perlombaan, dan sebagai wadah untuk merefrshingkan otak dari kepenatan dunia perkuliahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *