Hari Dongeng Sedunia

Tanggal (20/03/2021) telah ditetapkan sebagai Hari Dongeng Sedunia. Pasti kalian sudah sangat sering mendengarkan dongeng dari ibu kalian maupun guru kalian. Pada umumnya dongeng memang dikemas secara baik agar pendengar dapat menikmati serta terhibur apabila mendengar atau membacanya.Dongeng yaitu bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa, terjadi diluar nalar manusia yang penuh fantasi dan khayalan (fiksi). 

Ada banyak macam-macam dongeng salah satunya yaitu dongeng yang berjudul “Serigala dan Pengembala”. Isi dongeng tersebut yaitu menceritakan tentang  seorang pengembala domba yang setiap hari harus mengajak domba-dombanya ke padang rumput untuk memberikan makanan. Namun, suatu ketika pengembala merasa bosan dengan pekerjaannya. Ia memiliki ide untuk menghilangkan kebosananya. Ia berteriak bahwa ada serigala yang hendak memakan domba-dombanya. Penduduk desa lari ke tempat awal pengembala. pengembala tertawa terbahak-bahak dan berkata bahwa tidak ada serigala yang akan memangsa dombanya. Penduduk desa akhirnya mengetahui jika mereka sedang dibohongi oleh pengembala.Hari berikutnya serigala benar-benar datang dan memangsa domba-dombanya, namun ketika ia berteriak meminta tolong tidak ada yang percaya dengan ucapannya. 

Dongeng “Serigala dan Pengembala” mengajarkan kita bahwa sebaiknya berkata yang jujur dan tidak berbuat bohong. Karena apabila kita sudah merusak kepercayaan orang lain maka akan sulit untuk menimbulkan kepercayaan itu lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *