PENGABDIAN MASYARAKAT 2020

Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA periode 2020/2021 menyelenggarakan suatu acara Pengabdian Masyarakat yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap peduli terhadap masyarakat bagi mahasiswa IPA Universitas Negeri Surabaya, menumbuhkan sikap saling berbagi kepada masyarakat dengan bekal wawasan yang sudah didapatkan, dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan di era pandemi Covid-19. Acara kali ini diselenggarakan dengan tema “IPA Mengabdi Dengan Aksi, Bergerak Dengan Hati” yang dilaksanakan di dua tempat yaitu di Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya.

Pada hari Senin (11/1/21) Pengabdian Masyarakat yang dihadiri oleh 11 panitia dilaksanakan di Kabupaten Gresik dengan kegiatan bakti sosial membagikan 40 sembako kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir selama kurang lebih 2 minggu lamanya. Terdapat dua lokasi desa yang dikunjungi yaitu Dusun Tandengan Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik dan di Desa Tambak Beras Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Pembagian dilakukan dengan memberikan bantuan secara langsung kepada warga dengan mengunjungi rumah yang terdampak. Banyak rumah warga yang terendam banjir sehingga membuat sebagian warga ada yang mengungsi dan ada juga yang menetap di rumahnya dengan berharap banjir segera surut.

Pada hari Jum’at (15/1/21) Pengabdian Masyarakat yang dihadiri oleh 15 panitia dilaksanakan di Kota Surabaya tepatnya di Kampung Kampung Nelayan Desa Kedung Cowek Kecamatan Bulak RW 002. Berbeda dengan pengabdian hari pertama, pangabdian ini dilaksanakan dengan adanya kegiatan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah warga, penempelan poster “7 Langkah Mencegah Penyebaran Covid-19” di beberapa sudut tempat, pembagian handsanitizer, pembagian masker serta edukasi kepada masyarakat mengenai pencegahan penyebaran covid-19, dan pembagian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. Pada hari kedua pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat jurusan IPA 2020 dimulai pukul 08.40 WIB yaitu acara pembukaan kegiatan yang meliputi sambutan oleh sudara Hafiz Fadhal Muhammad sebagai ketua HMJ IPA dan Bapak Hendrik sebagai ketua RT Kelurahan Kedung Cowek yang bertempat di balai RW 002 Kelurahan Kedung Cowek serta pembagian 22 paket sembako ke warga. Lalu dilanjut pada pukul 08.58 WIB panitia yang bertugas merapikan Balai dan persiapan penyemprotan desinfektan serta pembagian masker ke warga sekitar. Pada pukul 09.05 WIB penempelan poster oleh panitia yang bertugas. Kegiatan selanjutnya yaitu pembagian masker serta edukasi tentang protokol kesehatan dan penyemprotan rumah warga dengan desinfektan pada pukul 09.25 hingga pukul 09.50. Di akhir acara berfoto bersama dan penyerahaan bantuan buku sekaligus berpamitan hingga pukul 10.30 WIB. Pengabdian Masyarakat HMJ IPA Periode 2020/2021 diharapkan dapat menumbuhkan sikap peduli, saling berbagi dan mengedukasi kepada sesama dengan aksi yang bergerak dari hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *