FINAL GIS (GEBYAR ILMIAH SAINS) 2020

Pada hari Senin (09/11/20) HMJ IPA telah melaksanakan tahap final pada acara Gebyar Ilmiah Sains New Normal Version Nasional 2020 tingkat SD sederajat, SMP sederajat dan SMA sederajat. Dengan mengusung tema “Aktualisasi Pengetahuan dan Kreativitas Scientist Muda, Wujudkan Generasi Emas di Era New Normal”. Acara ini dikuti oleh 6 peserta Science Competition dan 6 peserta Science Writing Competition. Peserta mengikuti kegiatan ini dengan jujur dan tertib sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan. Proses pelaksanaan Final GIS SC dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi daring dengan menempuh 2 babak untuk tingkat SD dan 3 babak untuk tingkat SMP. Babak yang dilaksanakan pada tingkat SD yaitu babak jatah dan babak lempar. Pada babak jatah peserta diberi waktu 20 detik untuk menjawab tiap soal yang dibacakan dengan masing-masing peserta mendapatkan jatah soal sebanyak 5, lalu untuk babak lempar peserta diberi waktu 20 detik untuk menjawab soal yang telah dibacakan dan tiap anak juga diberi kesempatan untuk melempar soal yang diterima ke peserta yang lain dengan jumlah soal keseluruhan sebanyak 15 soal. Babak yang dilaksanakan pada tingkat SMP yaitu babak jatah, babak lempar, dan babak praktikum. Pada babak jatah dan lempar tingkat SMP memiliki proses pelaksanaan yang sama dengan babak jatah dan lempar pada tingkat SD. Sehingga babak pada tingkat SMP hanya terdapat satu perbedaan dengan babak pada tingkat SD yaitu tingkat SMP memiliki babak praktikum. Pada babak praktikum, peserta ditampilkan 2 video praktikum untuk masing-masing soal lalu diberikan waktu 1 menit untuk menganalisis dan memikirkan jawaban untuk tiap soal, diberi waktu 30 detik untuk menulis, dan diberi waktu 1 menit untuk mengirimkan jawaban dari masing-masing soal kepada panitia.

Di sisi lain, untuk pelaksanaan Final GIS SWC pada tingkat SMP dan SMA terdiri atas 3 siswa SMP dan 3 siswa SMA. Dalam proses pelaksanaan Final GIS SWC pada tingkat SMP dan SMA peserta yang lolos pada babak ini mengirimkan video presentasi dengan menampilkan hasil aplikasi berupa alat maupun ilustrasi sederhana berdasarkan esai yang telah diajukan. Durasi video yang dikirimkan maksimal 5 menit yang dikirim terakhir pada tanggal 2 November 2020. Hasil pengumpulan video tersebut selanjutnya akan dinilai oleh dosen dari Jurusan IPA FMIPA Unesa dan waktu pengumuman juaranya di umumkan pada tanggal 9 November 2020 melalui WhatsApp Grup yang telah dibuat dan Instagram @gisfmipaunesa.

Pada akhir acara, Final GIS 2020 menghasilkan 4 pemenang dari tiap jenis perlombaan dengan tingkat yang berbeda. Peserta yang memenangkan Final GIS SC tingkat SD yaitu bernama Rystanty Maulida Nirwa dengan jumlah skor 39 dan peserta yang memenangkan Final GIS SC tingkat SMP yaitu bernama Airellrakha Ibnu Faiq dengan jumlah skor 69.

Disisi lain, untuk Peserta yang memenangkan Final GIS SWC tingkat SMP yaitu bernama Saviola Dinda Rizki dengan jumlah skor 92,5 dan peserta yang memenangkan Final GIS SWC tingkat SMA yaitu bernama Muhammad Hilmi Basri dengan jumlah skor 94.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman siswa SD, SMP, dan SMA dalam mata pelajaran IPA, meningkatkan kemampuan dalam menganalisis konsep IPA, dan juga meningkatkan semangat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *