Pandemi? Saatnya melakukan hal produktif, yuk!

Sejak akhir bulan Maret 2020 seluruh kegiatan mahasiswa dikampus ditiadakan. Mulai dari perkuliahan dikelas, kegiatan ormawa UNESA dan kegiatan lainnya yang melibatkan banyak orang terpaksa dilakukan secara daring atau dengan tatap via online karena wabah virus corona yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia, dengan dilaksanakannya kuliah online ini diharapkan bisa menekan jumlah pasien Covid-19 dan mampu memutus tali penyeberan virus yang awalnya dimulai dari pasar tradisional Wuhan China. Wacana untuk melakukan work from home ini sudah diumumkan oleh pihak Rektorat UNESA yang berlaku hingga waktu yang belum ditentukan hingga situasi akan kembali membaik karena sesuai fakta yang ada bahwa angka fatalitas kematian korban Corona di Indonesia semakin tinggi.

Pemerintah  membuat rencana setelah work from home yang dinilai kurang efektif dalam pemutusan mata rantai karena masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi aturan. Pemerintah merencanakan perpanjangan waktu work from home ini dengan tujuan agar selama waktu 2 minggu masyarakat dapat melakukan social distancing. Streotype masyarakat yang harus dihilangkan bahwa walaupun dalam masa karantina ini harus berdiam diri dirumah namun tidak seharusnya hal ini dimanfaatkan sebagai waktu untuk liburan dan membuat kerumunan massa. Sampai saat ini pun pemerintah masih belum memastikan kapan masa karantina ini akan berakhir. Sudah hampir 2 bulan waktu berlalu yang membuat sebagian orang jenuh hanya dihabiskan dirumah saja. Untuk menghilangkan kejenuhan dirumah ada beberapa kegiatan yang asik dan produktif bisa dilakukan di masa wabah ini, diantaranya :

  1. Menjelang Hari Raya Idul Fitri bagi umat muslim, kita bisa melakukan kegiatan yang produktif seperti membuat kue atau makanan ringan lainnya untuk dinikmati dihari lebaran.
  2. Berolahraga, tidak perlu olahraga yang berat cukup melakukan senam ringan agar tubuh tetap sehat dan memperkuat sistem imun.
  3. Merawat tanaman yang ada di halaman rumah, untuk mahasiswa yang super sibuk ini kesempatan kalian untuk memperhatikan tanaman kalian, agar pemandangan dirumah asri dan udara juga sejuk.
  4. Merawat tubuh, ketika kegiatan dikampus sangat padat dan tugas yang menumpuk tentu tidak sempat memperhatikan diri. Bagi kaum wanita inilah waktu yang tepat, sembari bersantai memakai masker atau sambil menonton drakor.
  5. Belajar bahasa asing, biasanya yang belajar bahasa asing ini para kaum wanita melalui drama korea ataupun film luar negeri.

Akan tetapi dibalik semua yang terjadi banyak yang dapat kita ambil hikmahnya. Salah satunya adalah kita jadi quality time with family, dimana ramadhan tahun lalu merantau untuk kuliah dan sekarang full dengan keluarga. Hal ini selalu memberikan kesan terbaik untuk kita yang jarang pulang kampung atau hampir tidak pernah pulang ke kampung halamannya. Semoga dengan kita dirumah saja, dapat mengurangi penularan virus corona, membantu paramedis yang menjadi garda terdepan, membantu pemerintah, serta menjaga diri kita juga dari virus tersebut. Jangan lupa tetap jaga kesehatan, kebersihan, selalu cuci tangan menggunakan sabun apabila tangan kita kotor, jika ingin keluar rumah seperlunya saja dan jangan lupa memakai masker serta selalu membawa hand sanitizer untuk tangan kita yang kotor secara tak kasat mata. Stay at home and stay healthy good people. See u next time!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *