SISI POSITIF TAK TERDUGA DARI ADANYA PANDEMI COVID-19

Kini dunia sedang diguncangkan dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Banyak pihak dirugikan dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Mulai dari sektor perekonomian hingga kehidupan social bermasyarakat. Dengan mewabahnya pandemi ini kita yang biasanya beraktivitas secara normal, kini harus beraktivitas didalam rumah dan sebisa mungkin tidak keluar rumah jika tidak ada suatu hal yang mendesak untuk dilakukan.

Adanya kebijakan lockdown dan social distancing yang diterapkan pemerintah guna untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini di Indonesia. Sebagai warga negara yang baik kita harus mematuhi kebijakan tersebut. Banyak korban berjatuhan akibat terinfeksi Covid-19 ini mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan lansia sekalipun. Menjaga diri dan orang sekitar kita agar tidak terinfeksi Covid-19 ini dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah diatur oleh pemerintah.

Selain banyak sisi negatif karena adanya Covid-19 ini, ternyata ada pula sisi positif yang kita dapatkan dari adanya pandemi Covid-19 ini. Seperti berikut :

  1. Lebih peduli dengan kesehatan dan kebersihan diri

Adanya pandemi Covid-19 ini menimbulkan kepanikan dan kekwatiran masyarakat baik di Indonesia maupun di berbagai negara-negara terdampak Covid-19 ini. Karena adanya pandemi ini membuat kita semakin sadar dan peduli dengan kesehatan dan kebersihan diri. Agar tidak terinfeksi Covid-19 kita menerapkan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas diluar rumah, memakan makanan yang sehat untuk menjaga system imun kita agar tidak terinfeksi Covid-19 ini. Karena apabila kita menjaga diri kita sendiri secara tidak langsung kita juga telah menjaga orang-orang disekitar kita dari pandemi Covid-19 ini.

  • Manusia saling membantu satu sama lain

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini membuat manusia lebih peduli kepada sesama. Dengan saling mengingatkan dan saling menjaga satu sama lain agar tidak terinfeksi Covid-19. Mereka saling membantu tanpa memandang suku, ras, agama maupun kepercayaan. Jiwa solidaritas masyarakat juga semakin meningkat mereka saling membantu dan melakukan upaya pencegahan terhadap infeksi Covid-19 ini.

  • Kualitas udara semakin baik

Dengan diterapkannya social distancing dibeberapa daerah di Indonesia membuat daerah-daerah yang biasanya memiliki kondisi jalanan ramai dan macet berubah menjadi sepi. Kemacetan yang menjadi pemandangan sehari-hari kini tak lagi terlihat seperti hal nya yang terjadi di Jakarta. Karena adanya penerapan social distancing membuat polusi udara menjadi semakin membaik. Dikutip dari Warta Ekonomi, Maret 2020, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyebut, bahwa indeks kualitas udara Jakarta pada Jumat, 28 Maret 2020 berawal dari level 89 atau kategori sedang. Karena diterapkannya kebijakan PSBB udara di Jakarta menjadi membaik.

  • Menjadi lebih dekat dengan keluarga

Adanya penerapan PSBB dan Lockdown untuk memutus penularan Covid-19 para pekerja diharuskan untuk bekerja dirumah dan hal itu membawa sisi positif bagi para pekerja yang biasanya hanya memiliki waktu luang bersama keluarga pada saat libur. Karena bekerja dirumah mereka dapat memiliki waktu terbaik untuk melakukan aktivitas bersama keluarga dan membuat keluarga menjadi lebih harmonis dari sebelumnya.

  • Punya banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang tertunda

Dengan tetap berada dirumah selama pandemi Covid-19 ini kita dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang tertunda dan tidak dapat dilakukan pada saat hari-hari biasa karena kesibukan dan kepadatan aktivitas sehari-hari. Sekarang dengan adanya banyak waktu luang kita dapat menjalankan hobi yang kita gemari, karena dengan perasaan yang senang membuat imunitas kita menjadi lebih baik.

Mari perangi dan cegah Covid-19 dengan melakukan hal-hal yang positif dan mematuhi aturan pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *