PENGABDIAN MASYARAKAT 2019

Jumat, 21 Juni 2019 – HMJ IPA melaksanakan pengabdian masyarakat yang bertepatan di Dusun Krajan, Desa Petung, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan. Acara ini dihadiri oleh 52 warga IPA.

Antusias dari warga IPA tidak luntur walau keberangkatan sempat ditunda selama 2 hari. Tidak mau kalah dengan antusias dari warga IPA, Warga desa setempat juga sangat antusias menyambut kedatangan kami. Mulai dari Danramil, kepolisian, perangkat desa hingga para jajarannya juga turut menyambut kedatangan kami.

Pada hari pertama yaitu 21 Juni 2019, kami mulai beraktivitas dengan warga setempat. Kegiatan pertama adalah ramah tamah, dimana kami mencoba menjadi salah satu bagian dari keluarga mereka. Kami mendapat banyak pengalaman baru seperti memasak menggunakan kayu bakar, cara membawa arit, bahkan hingga perbedaan cara mengambil hasil kebun antara laki-laki dan perempuan. Pada hari itu juga dilaksanakan upacara pembukaan yang menandakan kami telah resmi diterima di Desa Petung.

Di hari kedua pun tak kalah serunya dengan hari pertama, dimana pada kegiatan hari kedua terdapat cek up kesehatan yang disponsori oleh Dompet Dhuafa. Antusias para warga sangat bagus. Cek up kesehatan dihadiri oleh kurang lebih 60 warga lansia. Warga tak hanya datang untuk cek up, melainkan ada juga yang turut membantu dalam menjelaskan berbagai bahasa yang tidak dimengerti oleh lansia yang mengikuti cek up kesehatan. Kegiatan berikunya yaitu pelatihan yang didatangi oleh ibu-ibu setempat dan juga ibu-ibu PKK, dimana ibu-ibu juga tidak kalah antusiasnya dengan nenek kakek lansia yang mengikuti cek up tadi pagi.

Di hari ketiga kami semakin antusias mengikuti kegiatan warga. Berkebun, ke ladang, mencari rumput, memanen, memberi makan ternak, dan lain sebagainya. Begitu banyak pengalaman baru yang diberikan warga setempat. Tidak hanya itu, selain berkebun kami juga memberikan pelatihan dalam pembuatan pupuk pada lahan yang kami kunjungi. Sehingga warga setempat dapat menghasilkan pupuk sendiri dan alami tanpa perlu membelinya. Tak hanya pada warga lansia saja, namun dengan anak-anak kami juga sangat dekat. Bermain bersama, dan belajar bersama. Bahkan tidak jarang dari mereka yang mengajak kami bermain atau sekedar mampir ke rumahnya. Pada hari tersebut kami juga mengadakan acara cinta yatim dan bakti sosial.

Serangkaian kegiatan menarik bersama warga telah kami lalui. Tidak terasa tibalah kami pada puncak acara yaitu pada hari Senin, 24 Juni 2019. Pada acara puncak ini terdapat pentas sederhana yang telah kami siapkan untuk menghibur warga setempat, serta beragam penampilan dari adik-adik kecil setempat pula. Malam puncak diawali dengan upacara penutupan, dan dilanjut dengan acara penampilan dan makan bersama dengan warga. Warga setempat sangat antusias untuk datang menyaksikan malam puncak tersebut.

Pada 25 Juni 2019, saatnya kami kembali ke kampung halaman kami, kembali ke rutinitas kami. Berat memang melepas keluarga kecil ini, tapi dimana kewajiban sudah menjadi kewajiban. Dan dilain waktu mungkin kami dapat bermain dan kembali lagi ke sini menengok keluarga kecil kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *