GIS 2018

Enlighten The World With Your Knowledge and Creativity to be a Great Scientist

Himpunan Mahasiswa Jurusan IPA telah mengadakan lomba Gebyar  Ilmiah Sains (GIS) 2018. GIS merupakan salah satu program kerja HMJ IPA yang di naungi oleh Departemen Penalaran dan  Keilmuan. GIS memiliki 2 jenis lomba yaitu Science Competition dan Science Writing Competition.

Science Competition (SC) adalah olimpiade IPA yang ditujukan untuk siswa SD/MI sederajat kelas 4, 5, dan 6 dan siswa SMP/MTs sederajat kelas 7, 8, dan 9 yang bersifat tim. Babak penyisihan SC dilaksanakan serentak di 15 rayon sejawa-bali pada tanggal 23 September 2018 dan babak semifinal- final dilaksanakan di Kampus Unesa Ketintang Surabaya pada tanggal 27- 28 Oktober 2018. Acara tersebut berjalan dengan lancar dengan total peserta 1.358 (679 tim).

Juara Science Competition tingkat SD/MI sederajat :

  1. Juara I                : SDN Tegal Besar 03 Jember
  2. Juara II              : SD Muhammadiyah Ponorogo
  3. Juara III             : SDI Al Munawarah
  4. Harapan I           : SD Babasah 1 Bondowoso
  5. Harapan II         : MI Unggulan Sabilillah Lamongan

Juara dari Science Competition tingkat SMP/MTs sederajat:

  1. Juara I                : SMP Insan Cendekia Sukoharjo Solo
  2. Juara II              : SMPN 1 Pamekasan
  3. Juara III             : SMPK Gloria 1 Surabaya
  4. Harapan I           : SMPI IT Al-Anwar
  5. Harapan II         : SMPN 2 Pamekasan

Science Writing Competition (SWC) adalah lomba karya tulis Ilmiah yang ditujukan untuk siswa SMP/MTs sederajat dan  SMA/MA sederajat yang bersifat tim. Tema kegiatan Science Writing Competition 2018 adalah “Berbakti dalam Karya: Membangun Kesadaran dalam Konservasi”. SWC ini memilik 4 sub tema yaitu teknologi, energi alternatif, bioteknologi dan ekologi. Jumlah peserta SWC tahun ini adalah 72 tim. Final Science Writing Competition memilikai 2 rangkaian acara yaitu presentasi dan pameran. Presentasi dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2018 di gedung C12 Jurusan IPA FMIPA Unesa dan pameran dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2018 di halaman gedung D1 FMIPA Unesa.

Juara dari Science Writing Competition tingkat SMP/MTs sederajat yaitu WIDHIA RAHMA SURYA PRATIWI dari  SMP Negeri 5 Bojonegoro dengan judul karya Prototype Pendeteksi Kelebihan Muatan Perahu, Juara dari Science Writing Competition tingkat SMA/MA sederajat yaitu Rahmi Nugraningrum dari SMAN 2 Jombang dengan judul karya Teknologi Ekstraksi Keratin Bulu Ayam Ras Pedaging (Gallus domesticus) sebagai Bahan Dasar Pembuatan Sampo Anti Lepek dan Juara Favorit Science Writing Competition Rishav Fitrah Ar-Ridho dari SMP Islam Al Ummah Jombang dengan judul Pengaruh Edible Coating Pati Kulit Singkong (Manihot utilissima) terhadap Kualitas Mentimun (Cucumis sativus L.).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *