Gebyar Ilmiah Sains (GIS) 2017

OLIMPIADE IPA SE-JAWA BALI 2017

“Gebyar Ilmiah Sains HMJ IPA 2017”

 Kegiatan “Gebyar Ilmiah Sains 2016 Tingkat SD Se-Derajat, SMP Se-Derajat dan SMA Se-Derajat se Jawa – Bali, dengan tujuan sebagai wadah untuk untuk menyalurkan kegiatan positif siswa SD, SMP dan SMA sederajat untuk membentuk jiwa scientist-scientist muda yang cerdas, kreatif, berwawasan, dan berkompeten di bidang sains.

“Gebyar Ilmiah Sains 2016 Tingkat SD Se-Derajat, SMP Se-Derajat dan SMA Se-Derajat se Jawa – Bali, yaitu untuk kegiatan Science Competition 2017, tahap awal yang kami lakukan adalah menyebarkan pamflet beserta proposal ke sekolah-sekolah tingkat SD dan SMP se-Jawa dan Bali sebagai salah satu cara kami mempublikasi Olimpiade Sains ini yang dimulai bulan Juli 2017. Selain menyebarkan pamflet, publikasi juga dilakukan melalui sosial media yaitu Web, Facebook, dan Intagram. Tahap selanjutnya adalah babak penyisihan di 15 rayon yang dilaksanakan pada tanggal 10 September 2017 sesuai dengan ketentuan. Kemudian mengadakan babak semifinal dan final yang bertempat di kampus ketintang Universitas Negeri Surabaya, sekaligus penentuan Juara yang dilaksanakan pada tanggal 7 – 8  Oktober 2017.

Sedangkan, untuk Science Writing Competition 2017 tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat se-Jawa dan Bali merupakan kegiatan lomba Karya Tulis Ilmiah, dimana Karya Tulis Ilmiah ini akan dipresntasikan dan yang terbaik akan menjadi juara. Tahap awal yang dilakukan adalah babak penyisihan, babak penyisihan merupakan babak penyeleksian proposal karya ilmiah yang telah dikirim kepada panitia Science Writing Competition 2017 yang akan diseleksi oleh pihak juri. Kemudian dari semua karya yang telah dikirim pada panitia Science Writing Competition, akan dipilih sepuluh karya ilmiah terbaik yang lolos seleksi untuk melakukan presentasi pada babak final di hadapan juri berbarengan dengan final Science Competition.

Pada babak final, finalis diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya ilmiah mereka di hadapan juri, kemudian juri mengomentari secara langsung apa kelebihan dan kekurangan dari produk yang mereka sajikan. Adapun hasil “Gebyar Ilmiah Sains 2016 Tingkat SD Se-Derajat, SMP Se-Derajat dan SMA Se-Derajat se Jawa – Bali,   Kegiatan ini, untuk Science Competition 2016 diikuti oleh 350 Tim siswa SD Sederajat Se-Jawa Bali dan 244 Tim siswa SMP Sederajat Se-Jawa Bali, sedangkan untuk Science Writing Competition diikuti oleh 67 Tim siswa SMP dan SMA Sederajat Se-Jawa Bali, menghasilkan juara-juara dari peserta SD dan SMP dengan rincian sebagai berikut:

 

 

  1. Science Competition tingkat SD Sederajat
  2. Juara I : SDIT Al Ummah Jombang
  3. Juara II : SDN Al Furqon Jember
  4. Juara III : SDN Mobel Banyuwangi
  5. Harapan I : SD Muhammadiyah Ponorogo
  6. Harapan II : SDN Margomulyo I
  7. Science Competition tingkat SMP Sederajat
  8. Juara I : SMPN 2 Jember
  9. Juara II : SMP Busnatul Makmur Banyuwangi
  10. Juara III : SMPN 1 Pamekasan
  11. Harapan I : SMPN 2 Ngawi
  12. Harapan II : SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo
  13. Science Writing Competition tingkat SMP
  14. Juara I : SMP Al-Hikmah Surabaya
  15. Juara II : SMP Al-Hikmah Surabaya
  16. Juara III : SMPN 1 Ngoro Jombang
  17. Harapan I : SMPN 41 Surabaya
  18. Harapan II : SMPN 41 Surabaya
  19. Science Writing Competition tingkat SMA
  20. Juara I : SMAN 2 Jombang
  21. Juara II : SMAN 1 Balongpanggang Gresik
  22. Juara III : SMAN 1 Balongpanggang Gresik
  23. Harapan I : SMA Wijaya Putra Surabaya
  24. Harapan II : SMAN 1 Balongpanggang Gresik

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *